4 kebiasaan ini malah bikin sperma kamu rusak, hindari atau kurangi ya!

Sperma jelas nggak bisa dibilang bukan mahluk hidup. Meskipun bentuk bodinya rada aneh (badan lonjong, terus ekornya panjang). Cuma saja, sperma yang memiliki fungsi sama dengan sel telur milik cewek, rentang usianya sangat pendek. Tapi kita perlu menjaga kesehatannya! Jangan sampai sperma kita rusak cuma gara-gara kebiasaan sepele.
“Jumlah sperma yang sehat dan normal makin menurun dalam beberapa dekade terakhir ini,” ujar Ajay Nangia, M.B.B.S., ahli urologi dan kesuburan cowok dari University of Kansas Medical Center.
Berikut adalah tujuh kebiasaan yang kerap dilakukan tanpa disadari mampu merusak kesuburan cowok:

1. Begadang

Kurang tidur kerap dituding sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan. Termasuk merusak sperma. Menurut jurnal Fertility & Sterility, cowok dengan durasi tidur kurang dari enam jam akan mengalami penurunan kesuburan hingga 31 persen dibanding cowok dengan durasi tidur 7-8 jam per malam.
Alasannya, kurang tidur menurunkan produksi hormon testosteron. Hormon ini berperan penting pada pembentukan sperma. Tapi, terlalu banyak tidur juga tak baik. cowok yang tidur lebih dari Sembilan jam per malam juga menunjukkan masalah kesuburan. Jadi, 7-8 jam per malam adalah durasi yang ideal.

2. Kurang Makan Ikan

Ikan terbukti baik untuk kesehatan sperma. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard menyebut bahwa kualitas sperma terlihat lebih baik pada cowok yang rajin mengkonsumsi ikan tuna atau salmon. Sebaliknya, daging olahan merupakan musuh bagi kesehatan sperma.
Daging olahan bisa menurunkan produksi testosteron, sementara ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 justru meningkatkan kualitas sperma.

3. Stres

Stres turut disebut sebagai jalan masuk berbagai penyakit. Sebuah penelitian dari Columbia University menyebut bahwa stres yang berlebihan mengganggu hormon reproduksi.
Bahkan kalo cowok tersebut sudah menjalankan pola makan sehat, faktor stres tetap harus diperhitungkan sebagai perusak kesuburan. “Carilah cara untuk meredakan stres itu. Bahkan kalo perlu, temui tenaga professional,” ujar Ajay.

4. Menyimpan ponsel di saku celana

Tak bisa dipungkiri, saku celana merupakan tempat favorit untuk menaruh ponsel. Tapi kebiasaan ini bisa berdampak buruk pada sperma. Paparan radiasi ponsel bisa menghambat pergerakan sperma. Panas dari ponsel juga bisa meningkatkan suhu pada skrotum dan mengganggu produksi sperma.
Hal ini terungkap pada sepuluh penelitian menyangkut radiasi ponsel. Kalo kamu adalah seseorang yang harus memegang ponsel tiap saat, coba untuk menaruh ponsel di tempat lain seperti saku jaket. (Kompas.com)

Komentar

  1. MESTIQQ - Judi Poker Online Indonesia
    Gabung sekarang untuk mendapatkan berbagai keuntungan berikut ini :

    - 100% Player vs Player!!!
    - Customer Services yang cantik dan handal!!!
    - Pendaftaran gratis!!!
    - Deposit minimum 10ribu!!!
    - Withdraw minimum 20ribu!!!
    - Bonus TurnOver sebesar 0,5% yang dibagikan tiap harinya!!!
    - Bonus referral sebesar 20% seumur hidup, cukup dengan mengundang teman anda untuk bermain!!!.

    Pendaftaran bisa langsung menghubungi pin bbm berikut :
    - Pin BBM : 2C2EC3A3
    WWW .MESTIQQ. COM

    BalasHapus
  2. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KENAPA KITA TOLAK AHOK ? SEMOGA NASEHAT SINGKAT GUBURNUR NTB INI MAKIN MENYADARKAN KITA

Astagfirulah !! Ketangkap Basah Mencuri Makanan Seorang Bocah Dibakar Hidup-hidup

ASTAGFIRULLAH, MINTA UANG JAJAN, IBU TIRI TEGA JEPIT TANGAN ANAK DI PINTU SAMPAI HANCUR