Software untuk Mengakses Internet, Wajib coba yang doyan Gratisan

Software untuk mengakses internet itu ada banyak sekali. Di postingan kali ini saya ingin mencoba merinci software apa saja yang digunakan pada saat kita menjelajahi internet.

Saya menemukan ada 6 software yang banyak digunakan orang saat melakukan akses internet; Operating System, Web Browser (Browser), Situs Pencari, Email Client, Instant Messaging, dan Utility/Security.
Saya coba membahas software-software tersebut secara rinci dan ringkas. Sebelumnya …

Ada tiga kata kunci yang akan kita elaborasi dalam tulisan kali ini. Kata kunci yang saya maksud adalah software, akses, dan internet.
Apakah anda tahu apa itu pengertian software?

Software adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya dan berbagai infomasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.
Kata software diserap dalam kosa kata bahasa indonesia menjadi perangkat lunak.

 

Pengertian Internet menurut wikipedia adalah jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan sistem global Transmission Control Panel / Internet Protocol (TCP/IP). TCP/IP sendiri merupakan protocol pertukaran paket (package switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Terakhir …
Akses menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sebuah kata kerja yang berarti jalan masuk.
Jadi pembahasan kita kali ini adalah tentang perangkat lunak yang digunakan untuk menjadi jalan masuk internet.
Seperti yang saya sampaikan diatas ada 6 Software untuk mengakses internet:
  1. Operating System (Sistem Operasi)
  2. Web Browser
  3. Web Search Engine
  4. Email Client
  5. Instant Messaging Client
  6. Utility / Security

4 Operating System Populer Saat ini

Sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya Operating System yang populer atau banyak digunakan oleh orang ada 4 (empat): Windows, Linux, Android, dan Mac OS. Operating System menjadi software yang sangat penting dalam kegiatan akses internet. Jika tidak ada OS (singkatan Operating System) maka anda tidak bisa terkoneksi dengan beragam orang di Internet.
Berikut penjelasan ringkas tentang Operating System:
Sistem operasi adalah komponen perangkat lunak dasar yang berfungsi sebagai pengelola sumber daya hardware komputer dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Tanpa OS anda tidak bisa melakukan pekerjaan seperti menonton video hd, mendengarkan musik melalui mp3, membuat file dengan words/excell/power point. Tanpa ada OS anda hanya bisa menjalankan program booting.
TIPS: Karena itu jika ada komputer atau laptop yang harganya jauh dibandingkan dengan harga pasar, coba cek apakah komputer / laptop tersebut sudah include dengan OS?
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pentingnya Operating System atau Sistem Operasi ini anda dapat memulai dari situs wikipedia.

8 Software Web Browser Yang Banyak Digunakan

Penjelajah web atau dalam bahasa inggrisnya disebut web browser yaitu sebuah perangkat lunak yang dapat memberikan anda akses ke internet. Software ini digunakan untuk retrieving, presenting, dan traversing sumber daya informasi di world wide web. Sebuah sumber daya informasi dikenal melalui URI/URL yang dapat berupa laman web, gambar, video, atau konten lainnya.
Software browser yang sangat populer dan banyak digunakan adalah:
  1. Mozila Firefox
  2. Google Chrome
  3. Dolphin
  4. Opera
  5. UC
  6. CM
  7. Internet Explorer
  8. DU Browser

34 Software Web Search Engine Yang Masih Aktif

Search Engine atau Mesin Pencari merupakan software yang banyak digunakan oleh netizen pada saat mereka mencari sebuah informasi yang terdapat di dalam jaringan komputer. Saat ini paling tidak adalah empat search engine yang digunakan oleh netizen di seluruh dunia: Google, Bing, Yahoo!, atau Ask.
Ke-34 software search engine tersebut adalah sebagai berikut:
  1. web crawler
  2. lycos
  3. daum
  4. magellan
  5. excite
  6. SAPO
  7. yahoo!
  8. dogpile
  9. hotbot
  10. ask
  11. yandex
  12. google
  13. bing
  14. lxquick
  15. yellowee.com
  16. naver
  17. baidu
  18. exalead
  19. giga blast
  20. info.com
  21. sogou
  22. aol search
  23. good search
  24. soso
  25. search.com
  26. chacha
  27. live search
  28. blackel.com
  29. duckduckgo
  30. scout (Goby)
  31. nate
  32. YaCy
  33. halalgoogling
  34. Egerin
Selain web search engine, software untuk mengakses internet lainnya adalah Email Client.

Email Client: 2 Provider Favorit Orang Indonesia

Email client atau email merupakan sarana pertama, setahu saya, yang digunakan agar orang bisa aksea Internet. Email atau electonic mail pada dasarnya adalah software yang menghubungkan antar individu yang berlainan tempat tinggal untuk saling bertukar kabar. Dengan adanya email fungsi kantor pos menjadi sedikit berkurang.
Mungkin anda tidak pernah melakukan kegiatan surat menyurat lewat kertas dan amplop sekarang ini. Ini adalah efek dari kepemilikan media surat menyurat melalui media internet.
Padahal saya mengenal internet melalui kantor pos. Dulu saat pertama kali mengenal Internet dan email justru kantor pos yang mengenalkan. Bahkan kantor pos memberikan akses internet gratis bagi pelajar yang ingin mengenal teknologi informasi yang baru ini.
Hampir setiap orang mempunyai sahabat pena yaitu individu-individu yang saling berbagi informasi dan bertukar kabar melalui surat dan perantaraan pak pos.
Sekarang email banyak kegunaannya selain menjadi alternatif surat menyurat.
Dua software email client yang populer saat ini adalan yahoo dan gmail. Dulu saat saya mengenal internet saya menggunakan yahoo.com.
Sekarang saya menggunakan gmail sebagai tambahan karena dengan saru akun gmail saya bisa menggunakan produk-produk google yang lain.
Sekarang email tidak hanya berguna untuk surat menyurat tapi juga sebagai alat untuk mendaftar di sebuah situs. Apakah itu situs sosial atau situs blogging. Email juga digunakan untuk konfirmasi transaksi yamg dilakukan secara elektronik.
Terkait dengan fungsi email sebagai alat bertukar kabar, pada periode selanjutnya fungsi ini beralih pada software baru yang dinamakan instant messager.

Instant Messaging Client

Instant messaging client merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini untuk terkoneksi dengan orang lain di berbagai belahan dunia melalui jaringan internet. Bahkan saat ini dengan banyaknya orang menggunakan smartphone dengan operating system android, iOS, atau windows phone perangkat lunak yang digunakan pun semakin beragam.
IM atau internet messaging software yang paling sering saya temui di smartphone yang digunakan saat ini adalah sebagai berikut:
  • Blackberry Messager atau BBM
  • Hangout (dulu bernama Google Talk)
  • Whatsapp
  • Skype
  • Google Duo
  • dan lain sebagainya
Cukup banyak aplikasi yang dapat digunakan sekarang ini. Saya tidak bisa menyebut perangkat lunak mana saja. Bahkan seiring dengan perkembangan zaman sekarang Internet Messaging bisa dilakukan secara real time, seperti pada aplikasi Bigolive. Atau anda bisa karaokean bersama teman atau orang yang sama sekali baru anda kenal dengan aplikasi yang bernama Smule.
Dua aplikasi yang saya sebutkan terakhir bahkan menimbulkan kontroversi yang tak berkesedahan. Masalahnya dimulai oleh pengguna. Baik Smule maupun Bigolive digunakan oleh orang-orang yang mengejar materi dengan mengadakan acara yang merusak moral penontonnya. Begitulah karakter teknologi. Ibarat pisau bermata dua.

Utility/Security

Perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi internet lainnya adalah security (keamanan). Software ini menjadi penting karena orang tidak lagi ragu untuk memberikan informasi pribadi untuk diketahui orang banyak. Meskipun terlihat aman, tetapi setiap aplikasi atau software dibuat oleh manusia dan manusia lainnya berusaha untuk mengambil manfaat dari celah kesalahan dari yang membuat software.
Oleh karena itu diperlukan security atau keamanan berupa anti virus, internet security, anti malware, anti phising dan lain-lain. Dengan aplikasi seperti smadAV, clamAV, atau mc affee resiko akan pembobolan informasi penting anda melalui internet bisa di kurangi. Umumnya software keamanan yang saya sebutkan tadi dapat diunduh dan digunakan secara gratis untuk beberapa waktu tetapi setelah masa percobaan habis, pengguna harus melakukan pembelian lisensi untuk layanan keamanan yang diberikan.

Akhir Kata

Internet merupakan penemuan yang paling bermanfaat bagi saya. (entah bagi anda karena siapa tahu anda tidak sependapat dengan saya). Banyak orang hanya bisa menggunakan internet tanpa tahu resiko yang ia hadapi. Semoga artikel sederhana tentang software yang digunakan untuk mengakses internet ini bisa membantu anda. Minimal membuka wawasan anda bahwa teknologi harus digunakan secara arif bijaksana.

sumber : https://pencaricerah.com/software-untuk-mengakses-internet/

Komentar

  1. MESTIQQ - Judi Poker Online Indonesia
    Gabung sekarang untuk mendapatkan berbagai keuntungan berikut ini :

    - 100% Player vs Player!!!
    - Customer Services yang cantik dan handal!!!
    - Pendaftaran gratis!!!
    - Deposit minimum 10ribu!!!
    - Withdraw minimum 20ribu!!!
    - Bonus TurnOver sebesar 0,5% yang dibagikan tiap harinya!!!
    - Bonus referral sebesar 20% seumur hidup, cukup dengan mengundang teman anda untuk bermain!!!.

    Pendaftaran bisa langsung menghubungi pin bbm berikut :
    - Pin BBM : 2C2EC3A3
    WWW .MESTIQQ. COM

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KENAPA KITA TOLAK AHOK ? SEMOGA NASEHAT SINGKAT GUBURNUR NTB INI MAKIN MENYADARKAN KITA

Astagfirulah !! Ketangkap Basah Mencuri Makanan Seorang Bocah Dibakar Hidup-hidup

ASTAGFIRULLAH, MINTA UANG JAJAN, IBU TIRI TEGA JEPIT TANGAN ANAK DI PINTU SAMPAI HANCUR